Teluk Gilimanuk, Bali: Flora, Fauna Dan Lingkungan

Selasa, Oktober 27, 2009

Teluk Gilimanuk terletak di pantai barat Pulau Bali, yang langsung berbatasan dengan Selat Bali di sebelah baratnya. Teluk ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Teluk ini merupakan perairan dangkal yang setengah tertutup yang sangat baik bagi pertumbumbhan tiga ekosistem pantai yang penting yakni ekosistem mangrove, lamun, dan terumbu karang. Di dalam teluk ini terdapat tiga pulau kecil yakni Pulau Kalong, Pulau Burung dan Pulau Gadung. Meskipun statusnya sebagai Taman Nasional namun telah ada indikasi lingkungan ini makin mendapatkan tekanan akibat kegiatan penduduk sekitarnya.

Latar belakang inilah yang mendorong Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) melaksanakan penelitian di teluk ini yang berlangsung dari tahun 2005 hingga 2007. Penelitian ini mencakup ketiga ekosistem: mangrove, lamun dan terumbu karang termasuk biota-biota yang hidup berasosiasi dengannya. Penelitian ini lebih ditekankan pada kondisi flora dan fauna di teluk itu dengan kajian yang lebih terbatas tentang sifat-sifat kimia air setempat.

Hasil penelitian telah dipublikasikan dalam bentuk buku, yang disiapkan oleh 13 orang pakar dengan penyuntingan oleh Husni Azkab, Pramudji, Muswerry Muchtar, dan Agus Budiyanto. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa di Teluk Gilimanuk terdapat sedikitnya 31 jenis tumbuhan mangrove, enam jenis lamun, 161 jenis karang batu, 66 jenis ikan karang, 40 jenis ekinodermata, 19 jenis krustasea, dan 48 jenis moluska. Untuk memudahkan identifikasi jenis, deskripsi diberikan dengan disertai foto-foto berwarna.

Buku ini dapat digunakan sebagai buku panduan lapangan untuk identifikasi jenis-jenis flora dan fauna akuatik yang umum terdapat di Teluk Gilimanuk, yang dapat berguna bagi peneliti, mahasiswa, praktisi lingkungan, dan juga para pengamat yang berminat.

Judul Buku :
Teluk Gilimanuk, Bali: Flora, Fauna dan Lingkungan

Penyunting :
Husni Azkab, Pramudji, Muswerry Muchtar, Agus Budiyanto

Tahun Terbit 2008

Halaman iv + 199 halaman

Penerbit LIPI Press

ISBN 978-979-799-322-1

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

TENTANG FORKOM

FORKOM KOMUNIKASI MASYARAKAT PENCINTA TERUMBU KARANG merupakan wadah komunikasi diantara masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian ekosistem terumbu karang, COREMAP dengan komponen penyadaran masyarakat telah berupaya mengkampanyekan berbagai program kepada masyarakat luas. Selengkapnya

TRANSLATE POST

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Forkom Komunitas