Terumbu Karang Buatan ITS Redam Erosi

Minggu, Oktober 03, 2010

Terumbu karang buatan selama ini dirancang untuk ekosistem ikan, namun berbeda dengan terumbu karang buatan Peneliti Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Surabaya Dr Ir Haryo Dwito Armono, M.Eng. Haryo mengungkapkan bahwa terumbu karang buatan yang telah ditelitinya sejak 1999 dibuat multifungsi, yaitu menciptakan ekosistem ikan dan juga untuk mengurangi erosi.

Karena fungsinya yang dapat mengurangi erosi itu, maka Haryo dan timnya telah mengadakan uji coba laut yang tidak dalam. Hasil uji coba terumbu karang buatan berbentuk kota di Tuban dan berbentuk silinder di Situbondo menunjukkan bahwa terumbu karang buatan yang tidak terlalu jauh dari pantai mampu merestorasi karang sekaligus meredam ombak, sehingga erosi pantai pun teratasi.

Hanya saja, uji coba di Tuban sedikit bermasalah karena terumbu karang buatan tersebut membuat banyak ikan berdatangan. Hal yang positif sebenarnya, namun para nelayan menjadi berebut dan mengatur blok-blok tertentu sebagai miliknya. Maka daripada itu, Haryo berpikir untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk program ini.
sumber : http://www.indonesiakreatif.net, 01 Maret 2010

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

TENTANG FORKOM

FORKOM KOMUNIKASI MASYARAKAT PENCINTA TERUMBU KARANG merupakan wadah komunikasi diantara masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian ekosistem terumbu karang, COREMAP dengan komponen penyadaran masyarakat telah berupaya mengkampanyekan berbagai program kepada masyarakat luas. Selengkapnya

TRANSLATE POST

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Forkom Komunitas