SAIL WAKATOBI - BELITONG 2011 SIAP DIGELAR

Jumat, Januari 28, 2011

Indonesia akan menggelar kegiatan kebaharian nasional tahunan yang diberi nama Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 antara lain sebagai ajang investasi serta promosi budaya dan wisata bahari di Wakatobi dan Belitong.

"Kegiatan bahari bertaraf internasional ini akan berdampak baik bagi pembangunan ekonomi nasional khususnya perekonomian kawasan setempat," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, di Jakarta, Kamis (20/1/2011).

Menurut Fadel, penyelenggaraan kegiatan kebaharian nasional pada tahun 2011 ini akan mengambil tema "Clean the Ocean for Future Live".

Maksud dari pengambilan tema itu adalah bertujuan untuk menyikapi terjadinya perubahan iklim yang disebabkan meningkatnya suhu permukaan air laut akibat dari berbagai aktivitas pengelolaan kelautan yang tidak memenuhi standar pengelolaan lingkungan.

Sementara itu, Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Syahrin Abdurrahman mengatakan, terdapat enam kegiatan utama dalam SWB 2011.

Keenam kegiatan itu antara lain adalah yacht rally, aksi sosial dalam Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya, seminar nasional dan internasional mengenai pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Sedangkan kegiatan utama lainnya adalah lintas nusantara remaja bahari, pameran produk kelautan dan perikanan, serta acara puncak yang rencananya akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

SWB 2011 akan dilaksanakan selama enam pekan yang dimulai pada pekan kedua Juli hingga pekan keempat Agustus.

Sementara untuk kegiatan yacht rally akan dimulai pada 23 Juli di Darwin, Australia. Para peserta rally direncanakan melewati 21 kabupaten/kota di Indonesia sebelum berakhir di Singapura.

Sedangkan untuk Operasi Bhakti Surya Baskara Jaya akan digelar di enam provinsi yakni Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Sumber : Kompas Indonesia


1 komentar:

Janjan mengatakan...

cantik bgt pemandangan nya,,,^^

loi

Posting Komentar

 
 
 

TENTANG FORKOM

FORKOM KOMUNIKASI MASYARAKAT PENCINTA TERUMBU KARANG merupakan wadah komunikasi diantara masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian ekosistem terumbu karang, COREMAP dengan komponen penyadaran masyarakat telah berupaya mengkampanyekan berbagai program kepada masyarakat luas. Selengkapnya

TRANSLATE POST

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Forkom Komunitas