Lestarikan Terumbu Karang

Rabu, November 27, 2013


RUMPUT LAUT - Penanaman transplantasi terumbu karang oleh kelompok pelestari 
terumbu karang di Kecamatan Angsana.

BATULICIN - Pemkab Tanbu tetap berkomitmen untuk melestarikan terumbu karang, khususnya yang ada di Kecamatan Angsana dan Sungai Loban. Kawasan terumbu karang ini berpotensi menjadi objek wisata.
Selain melakukan langkah program berupa transplantasi dan rehabilitasi, pemerintah daerah melalui dinas terkait melakukan langkah taktis lain dengan mengikutsertakan peran aktif masyarakat nelayan setempat.

“Mereka tergabung dalam kelompok pelestari terumbu karang,” ujar Bupati Tanbu Mardani H Maming.
Secara bertahap, pemerintah daerah akan terus mendorong dan memfasilitasi pembentukan kelompok pelestari dan penjaga terumbu karang daerah. Pembentukan kelompok ini bertujuan untuk melestarikan dan merehabilitasi keberadaan terumbu karang yang merupakan habitat biota laut yang dilindungi undang-undang.
“Bentuk dukungan dari pemerintah daerah terhadap kelompok pelestari ini dengan melakukan pembinaan dan penyuluhan setiap bulannya,” jelasnya.

Dalam wadah kelompok pelestari terumbu karang itu, warga nelayan yang tergabung di dalamnya menjalankan tugas dan fungsinya sebagai agen pembaharu dan pendorong pelestarian terumbu karang.
“Secara khusus mereka melakukan langkah-langkah pelestarian terumbu karang seperti menggelar kegiatan tranplantasi terumbu karang dan rehabilitasi terumbu karang,” ujarnya.

Kedepan, ujar Mardani, pemerintah daerah juga akan menjalin kerjasama dengan organisasi kepemudaan dan sosial kemasyarakatan untuk turut serta menjadi agen atau kelompok pelestari terumbu dan pecinta laut.(kry/by/ema) 
http://www.radarbanjarmasin.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

TENTANG FORKOM

FORKOM KOMUNIKASI MASYARAKAT PENCINTA TERUMBU KARANG merupakan wadah komunikasi diantara masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian ekosistem terumbu karang, COREMAP dengan komponen penyadaran masyarakat telah berupaya mengkampanyekan berbagai program kepada masyarakat luas. Selengkapnya

TRANSLATE POST

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Forkom Komunitas