Pelatihan Penyusunan Silabus Muatan Lokal Kelautan, COREMAP II LIPI

Minggu, Maret 07, 2010


Guna menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar muatan lokal kelautan, tim Edukasi Coremap II LIPI melaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Silabus Muatan Lokal Kelautan, dimana pada pelatihan tersebut berkumpul perwakilan dari guru muatan lokal tingkat SD, SMP dan SMA sekaligus pengawas dan TPK (Tim Pengembang Kurikulum) dari 7 wilayah Kabupaten Coremap II di Indonesia Timur.
Kegiatan tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan pelatihan guru, yang sebelumnya telah digarap oleh tim Edukasi Coremap II LIPI, dimana pada tahap lanjutan ini peserta pelatihan dapat menyusun silabus sampai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sehingga nantinya silabus tersebut dapat langsung digunakan oleh guru-guru muatan lokal di sekolahnya masing-masing.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 4 hari di Makassar ini, dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prop. Sulsel yang mana juga merupakan Kepala RCU Coremap II Propinsi Sulawesi Selatan dengan melibatkan Dinas Pendidikan setempat serta  Kementrian Pendidikan Nasional dalam hal ini Pusat Kurikulum Pendidikan Nasional.


Sebelum melakukan penyusunan silabus dan RPP, peserta terlebih dahulu dibekali dengan berbagai materi, yaitu : materi ekosistem kelautan dan pesisir oleh Dr. Soekarno, materi konsep pendekatan pendidikan kelautan oleh Dr. Deny Hidayati, materi pengembangan kurikulum muatan lokal kelautan oleh Dr. Naniek Sri Sayekti dan materi pengintegrasian ekonomi kreatif, keunggulan budaya dan enterpreunership dalam pembelajaran kelautan oleh Dra. Sri Hidayati, M.Si. Selanjutnya peserta dibagi berkelompok sesuai dengan wilayah serta jenjang nya untuk menyusun silabus dan RPP yang dipandu oleh M. Abrar S.Si. beserta para nara sumber yang lain dan  hasil kerjanya dipresentasikan . Produk dari kegiatan ini adalah silabus dan RPP Kabupaten Sikka, Wakatobi, Buton, Biak, Raja Ampat , Pangkep dan Selayar. Silabus dan RPP tiap wilayah tersebut diharapkan dapat digunakan seluruh guru Mulok di wilayah tersebut dengan sedikit penyesuaian di setiap sekolah.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 4-7 Maret tersebut, berlangsung lancar dengan animo yang cukup tinggi dari para peserta. Panitia pun berharap melalui kegiatan ini, muatan lokal kelautan dapat diterapkan dengan baik di sekolah - sekolah seluruh kabupaten COREMAP II wilayah Indonesia Timur sebagai bentuk peduli kita terhadap lingkungan laut khususnya ekosistem terumbu karang.


2 komentar:

SDN GUNUNGSIMPING 04 mengatakan...

aslm. admin mohon kalau ada contoh langsung Silabus nya mulok sekolah ttg kelauatan tingkat sd.tanks

Albar Odem mengatakan...

sangat disayangkan...utusan dr Wakatobi salah sasaran...seharusnya yg diutus adalah peserta yg pernah mengikuti pelatihan tingkat kabupaten dan menghasilkan produk rancangan silabus...tp yg ikut pelatihan malah org lain...

Posting Komentar

 
 
 

TENTANG FORKOM

FORKOM KOMUNIKASI MASYARAKAT PENCINTA TERUMBU KARANG merupakan wadah komunikasi diantara masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian ekosistem terumbu karang, COREMAP dengan komponen penyadaran masyarakat telah berupaya mengkampanyekan berbagai program kepada masyarakat luas. Selengkapnya

TRANSLATE POST

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Forkom Komunitas