Kompetisi Desain Poster Terumbu Karang COREMAP II - DEEP INDONESIA 2010

Rabu, Februari 17, 2010

Latar Belakang.

Pameran DEEP Indonesia 2010 adalah sebuah pameran internasional yang memamerkan perkembangan aktivitas selam, wisata petualangan dan olah raga air di Indonesia, yang akan diselenggarakan mulai tanggal 12–14 Maret 2010 di Hall A, Jakarta Convention Center.

Deep Indonesia 2010 memiliki sasaran untuk mempromosikan industri wisata bahari melalui kegiatan selam, olah raga perairan dan wisata petualangan sekaligus mengajak masyarakat untuk mencintai laut dan sumber daya kelautan.

Salah satu tujuan dari pameran DEEP Indonesia 2010 adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konservasi lingkungan hidup terutama lingkungan hidup kelautan dan sumber daya kelautan. Tujuan inilah yang menjadi dasar dari diselenggarakannya Kompetisi Desain Poster Digital oleh PT. Exhibition Network Indonesia, sebagai penyelenggara pameran bekerjasama dengan Coremap II, sebuah lembaga rehabilitas terumbu karang di bawah Departemen Kelautan & Perikanan Indonesia.


DEEP Indonesia 2010 didukung sepenuhnya oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Departemen Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata secara resmi telah mencanangkan pameran DEEP Indonesia sebagai salah satu agenda nasional untuk pengembangan industri selam dan wisata bahari di tanah air. DEEP Indonesia 2010 juga mendapat dukungan penuh dari media-media komunitas terkait tingkat internasional.

LINGKUP KARYA DAN PESERTA KOMPETISI

Kompetisi desain poster dalam wujud digital untuk umum.
Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat tetapi padat, dan impresif karena ukurannya yang relatif besar. Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta Kompetisi dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya dari poster tersebut; yaitu setara dengan 60 x 90 cm.

OBJEKTIF KOMPETISI.
  1. Tema poster:
    “Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang untuk Kesejahteraan“
  2. Target poster:
    “Sasaran utama komunikasi adalah untuk merubah prilaku masyarakat untuk
    meningkatkan partisipasi dalam kelestarian terumbu karang”.
  3. Tujuan poster:
    • mengkomunikasikan tema,
    • menggugah masyarakat umum untuk menjadi individu/komunitas yang aktif berpartisipasi menjadi pelestari lingkungan hidup dan sumber daya kelautan,
    • menghidupkan kecintaan para nelayan dan masyarakat umum akan manfaat
      kelestarian alam untuk kekayaan potensi kehidupan laut, serta keindahan alamnya,
    • menggugah kesadaran para nelayan dan masyarakat umum agar melakukan upaya pencegahan individu/kolektif atas perusakan kehidupan kelautan.
  4. Anjuran:
    Peserta Kompetisi dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema Kompetisi,
    membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi (terutama cara pemilihan gaya
    bahasa atau kata-kata yang cocok untuk masyarakat Indonesia secara umum), serta
    mengkaji manfaat desain dan fungsi poster. Terlampir dokumen "Ekosistem Terumbu
    Karang" yang dapat digunakan sebagai acuan dasar pembuatan konsep visual.
KETERANGAN TEKNIS KOMPETISI.
  1. Format karya poster:
    • karya asli: dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran 3543 x 5315 pixels (setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal,
    • thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB.
  2. Ketentuan karya:
    • teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta (pastikan apabila menggunakan gambar/foto yang didownload dari internet atau dari sumber manapun, hak ciptanya ada pada peserta) dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan),
    • apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau
      dibatalkan penghargaannya,
    • karya bisa berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyaratan sebagai peserta,
    • karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau
      dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital,
      sehingga berwujud digital,
    • hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik masing-masing peserta. Panitia, penyelenggara dan pihak sponsor berhak mempublikasikan karya tersebut dengan memberi informasi/kredit pemilik hak ciptanya.
  3. Ketentuan isi paket/amplop pengiriman karya:
    • 1 buah CD (compact disc) berisi karya asli dan thumbnail karya
    • 1 buah komputer printout karya ditempel ke atau pada kertas A4 tebal
    • 1 formulir registrasi Kompetisi (cetakan/printout/ foto kopi) yang sudah diisi lengkap (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya)
    • 1 buah photocopy KTP
    • Tulis “Kompetisi Desain Poster Deep Indonesia 2010” pada sudut kiri atas amplop dan amplop tidak digulung/dilipat.
  4. Waktu dan alamat pengiriman karya:
    • paket/amplop karya selambat-lambatnya diterima di alamat panitia tanggal:
      5 Maret 2010, jam 17.00 wib (BUKAN CAP POS)
    • karya dikirim langsung/via pos ke alamat panitia.

PENJURIAN.
Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan juri yang akan dilakukan pada tanggal 9 maret 2010. Satu nama peserta hanya punya kesempatan untuk mendapat satu penghargaan.

Dewan Juri terdiri dari profesional di bidang desain grafis dan advertising, serta wakil dariCoremap II.

Keputusan dewan juri bersifat mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan komunikasi atau surat menyurat. Jika setelah hasil keputusan juri, kemudian terbukti karya pemenang mengandung unsur pelanggaran ketentuan Kompetisi (terutama pelanggaran unsur hak cipta dan adanya penjiplakan/plagiasi), maka karya tersebut dapat dibatalkan sebagai pemenang, termasuk pembatalan penghargaannya.

Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:
- orisinalitas karya,
- kesesuaian tema dan konsep desain,
- lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan,
- inovasi serta sisi artistik penyajian visual.

PENGHARGAAN.

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat dan hadiah apresiasi, dalam bentuk sebagai berikut:
  • Pemenang pertama: uang Rp. 5.000.000,-dan hadiah hiburan sponsor
  • Pemenang kedua: uang Rp. 3.000.000,- dan hadiah hiburan sponsor
  • Pemenang ketiga: uang Rp. 2.000.000,-dan hadiah hiburan sponsor
  • Beberapa peserta finalis lainnya akan mendapat hadiah dari sponsor.
Karya pemenang, finalis dan beberapa karya peserta yang layak, akan dipamerkan di acara DEEP Indonesia 2010, tanggal 12–14 Maret 2010 di Hall A, Jakarta Convention Center, dan akan diberikan sertifikat tanda keikutsertaan pameran dan publikasi tingkat internasional.
Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara tersebut pada tanggal 14 Maret 2010. Karya finalis juga akan ditayangkan mulai tanggal 10 Maret 2010 di situs internet dengan alamat:
http://www.fdgi.info/
http://www.desaingrafisindonesia.co.cc/.

INFORMASI LEBIH LANJUT:
Panitia Kompetisi Desain Poster
Terumbu Karang Coremap II
Jl. Tebet Barat 5C no 30
Jakarta 12810
KONTAK PANITIA: (harap tidak via sms)
Stella: 0812 959 8875 / 021 985 38382
Caroline Wong: 0817 999 2992 / 021 973 92929

INFORMASI INI DAN FORM REGISTRASI KOMPETISI BISA DIAKSES DARI:
http://www.deepindonesia.com/
http://www.fdgi.info/
http://www.xnetindonesia.com/
http://www.dkp.go.id/
http://www.coremap.or.id/

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

TENTANG FORKOM

FORKOM KOMUNIKASI MASYARAKAT PENCINTA TERUMBU KARANG merupakan wadah komunikasi diantara masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian ekosistem terumbu karang, COREMAP dengan komponen penyadaran masyarakat telah berupaya mengkampanyekan berbagai program kepada masyarakat luas. Selengkapnya

TRANSLATE POST

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Forkom Komunitas