Pengembangan Potensi Wisata Bahari Pulau Abang Berbasis Masyarakat

Minggu, Mei 30, 2010


Seberapa besarkah potensi wisata bahari di Pulau Abang dan sekitarnya ?

pertanyaan ini cukup menggelitik dan setelah dikaji ternyata di perairan P. Abang memiliki potensi terumbu karang yang sangat potensial untuk dijual sebagai objek wisata unggulan.

Keindahan dan keanekaragaman hayati ekosistem terumbu karang di perairan P. Abang tak kalah menariknya dengan yang ada di Bunaken atau Raja Ampat di wilayah Timur Indonesia itu. Malah di P. Abang ditemukan spesies karang yang langka yaitu blue coral yang tidak ditemukan di tempat lain dimana blue coral ini hanya hidup di perairan yang jernih dengan
kualitas air yang bagus.

Keberadaan atau umur terumbu karang ini sangat mudah untuk ditentukan karena pertumbuhannya berkisar 1 cm saja pertahun. Jadi, jika ada terumbu karang yang panjang atau besarnya 5 m maka ia telah dibentuk sejak 500 tahun yang lalu. Apa maknanya ? Bahwa Visit Batam 2010 telah lama dipersiapkan oleh Yang Maha Kuasa dengan keindahan terumbu karangnya.

Jika semua pihak sadar akan potensi yang menakjubkan ini sudah pasti tidak perlu mengeluarkan dana banyak untuk mencari dan mengembangkan objek wisata di Batam cukup dengan melirik dan serius mengembangkan potensi terumbu karang yang luar biasa yang sudah tersedia tersebut.

Kenapa berbasis masyarakat dalam pengembangan wisata bahari di P. Abang tersebut ?

Alasannya antara lain :
  1. Agar menjaga kelestarian terumbu karang yang ada tanpa ekploitasi besar-besaran yang hanya menilai investasi dengan tingkat return dan keuntungan yang kurang memperhatikan lingkungan.
  2. Pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka peningkatan taraf hidup mereka sebagai mata pencaharian alternatif guna mengurangi tekanan terhadap ekosistem laut itu sendiri dari penangkapan (hunting) ikan selama ini.
  3. Melatih mental masyarakat pesisir dalam menjaga dan melestarikan terumbu karang sebagai objek yang dapat mensejahterakan mereka
  4. Program Coremap dan Pemerintah Kota Batam telah melatih masyarakat sebagai pemandu kegiatan penyelaman di daerah ini dengan sertifikasi penyelam.
  5. Home stay dan kelengkapan lain seperti kapal katamaran juga telah disiapkan oleh Coremap dan Pemko Batam

4 komentar:

Zinah Nur Sharif mengatakan...

I must say,love your blog, keep up the great work, I am now following, feel free to follow in return
check my blog http://zinahns.blogspot.com

love and peace

luar biasa indahnya, kekayaan bahari kita emang luar biasa

Bli Wayan mengatakan...

Wah mantap brooo...pengen kesana nih..

Anonim mengatakan...

jdikan alam smesta ini ttap lstari....smpe k gnerasi strusny...okay.

Posting Komentar

 
 
 

TENTANG FORKOM

FORKOM KOMUNIKASI MASYARAKAT PENCINTA TERUMBU KARANG merupakan wadah komunikasi diantara masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian ekosistem terumbu karang, COREMAP dengan komponen penyadaran masyarakat telah berupaya mengkampanyekan berbagai program kepada masyarakat luas. Selengkapnya

TRANSLATE POST

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Forkom Komunitas